Bank BUMN Dorong Kredit Manfaatkan Dana Masyarakat yang ‘Nganggur’

JAKARTA, 1kata.com – Ketua Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) Sunarso mengungkapkan pihaknya akan fokus mendorong penyaluran kredit guna mengoptimalkan ikuiditas dana masyarakat yang tergolong idle.

Bank-bank milik pemerintah, lanjut Sunarso, saat ini mengalami pertumbuhan dana masyarakat yang sangat signifikan.

Bahkan, hal ini terjadi di tengah upaya penurunan beban dana yang cukup signifikan dilakukan seiring dengan penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia.

“Ini loan to deposit kami rendah sekali di kisaran 80%, dan bahkan dapat dikatakan idle. Tentu memang fokus ke depan adalah bagaimana berlomba untuk menyalurkan kredit, karena dananya sudah sangat tersedia,” kata Sunarso yang juga Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Kamis (5/8/2021).

Menurut Sunarso, bank-bank milik pemerintah akan terus mendorong semua program pemerintah, baik berupa penempatan dana, subsidi bunga kredit serta penjaminan kredit.

Dia menuturkan optimisme masyarakat untuk kinerja ekonomi lebih baik terlihat dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi mencapai 7% pada kuartal kedua tahun ini.

“Kami pun cukup optimistis karena pertumbuhan kredit mikro di Bank BRI sudah mencapai 17% dan masih menunjukkan pertumbuhan lebih baik lagi hingga akhir tahun,” katanya.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below