PKS Minta Kartu Prakerja Dihentikan

Foto: tribunnews

JAKARTA, 1kata.com – Pemerintah diminta menghentikan Program Kartu Prakerja karena program yang menghabiskan anggaran sebesar Rp20 triliun tersebut telah bergeser dari tujuan awal dan menjadi ladang proyek.

“Kartu Prakerja sudah bergeser dari tujuan awalnya karena sudah menjadi ladang proyek,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati dalam keterangannya, Kamis (30/4/2020).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyatakan Program Kartu Prakerja perlu dihentikan demi perbaikan sistem.

“Ini semua agar bisa berjalan lebih jelas, adil dan transparan,” katanya menambahkan.

Mufida berharap Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto harus mendengar masukan dari banyak pihak yang menyatakan bahwa Program Kartu Prakerja berantakan dari awal hingga tahap pelaksanaannya.

“Tanyakan ke beliau (Menko Airlangga) kenapa harus dipaksakan melaksanakan Program Kartu Prakerja? Padahal jadi ladang proyek,” ujar Mufida.

Bagi pengelola pelatihan, dia meminta tidak ada yang memanfaatkan krisis pandemi virus corona untuk kepentingan sepihak.

Mufida pun mengingatkan bahwa hal yang diperlukan di tengah kondisi banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan seperti saat ini adalah bantuan sosial langsung agar masyarakat bisa bertahan di masa krisis Covid-19.

“Jutaan pekerja kehilangan pekerjaaan atau dipotong gajinya karena terdampak Covid-19. Sungguh tak terlihat internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pengelolaan Program Kartu Prakerja,” ungkapnya.

Sumber: CR-02
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below