BAZNAS Kerahkan Tim Pantau Kejiwaan Warga saat Covid-19

Posted by: Tags: Reply
Foto: antara

JAKARTA, 1kata.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melalui klinik pratama Rumah Sehat BAZNAS (RSB) mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan saat pandemi covid-19, termasuk kesehatan jiwa.

Kepala Lembaga Program RSB Reza Ramdhoni mengatakan pihaknya menggerakkan tim promosi kesehatan secara terpadu baik terkait persoalan kesehatan fisik dan jiwa.

“Tiap Rumah Sehat BAZNAS juga memiliki tenaga psikolog, yang sejak awal pandemi ini terjadi terus mengedukasi masyarakat agar mampu mengelola stres demi menjaga kesehatan jiwanya,” kata Reza Ramdhoni, dalam siaran pers, Kamis (30/4/2020).

Dia mengatakan edukasi yang diberikan lewat penyuluhan-penyuluhan seperti dengan mengelola informasi covid-19 dari pesan-pesan yang masuk melalui ponsel warga, mengklarifikasi informasi dari sudut pandang medis dan kesehatan jiwa sampai mengajak berpikir positif sehingga tidak panik.

Kesehatan jiwa, kata dia, salah satunya dipicu dari pola pikir positif yang juga dapat memicu tumbuhnya imunitas tubuh sehingga kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

Dalam penyuluhan kesehatan jiwa oleh RSB, lanjut dia, masyarakat agar dapat mengatasi kecemasan masyarakat dengan diajak menemukan hal-hal positif dari masa pandemi sebagai upaya meningkatkan imunitas diri.

Reza mencontohkan terdapat hikmah wabah seperti masyarakat kini lebih menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar, memperbaiki pola hidup menjadi sehat, olah raga lebih teratur dan banyak berdoa.

Reza mengatakan ada tim yang melakukan edukasi ke desa binaan melalui layanan luar gedung maupun penyuluhan kepada masyarakat yang datang memeriksakan diri ke klinik pratama Rumah Sehat BAZNAS.

Melalui penyuluhan-penyuluhan seputar kesehatan jiwa, kata dia, masyarakat agar dapat mengatur informasi yang beredar di masa covid-19 sehingga dapat menghindari rasa cemas berlebihan. Cemas berlebih berpengaruh pada imunitas tubuh dan mengakibatkan potensi virus mudah menyerang.

Sumber: CR-02
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below