FIFGROUP Tetap Catatkan Keuntungan di Tengah Masa Pandemi Covid

JAKARTA, 1kat,com – Meski situasi masih dalam pandemi covid-19, perusahaan pembiayaan PT Federal International Finance (PT FIFGROUP) membukukan hasil cemerlang pada tahun 2021.

Menurut ollection Remedial and Recovery Management Division Head FIFGROUP, Riadi Masdaya, pihaknya mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 65,8 persen, yaitu senilai Rp2,47 triliun pada tahun 2021 dibanding periode yang sama pada tahun 2020 yang hanya mencapai Rp1,49 triliun.

Riadi Masdaya menambahkan, tren positif itu tidak lepas dari peran operasional bisnis perusahaan serta pengelolaan kontrak customer dalam proses penagihan.

“Membaiknya kinerja perusahaan salah satunya didukung oleh proses pengelolaan kontrak dan penagihan yang sesuai dengan regulasi yang berlaku baik dari peraturan pemerintah maupun Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku di perusahaan,” ungkap Riadi Masdaya, dalam sebuah diskusi secara daring di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Ia menambahkan, pihaknya juga mencatat adanya perbaikan yang terjadi dalam hal pencapaian Non-Performing Financing (NPF) yang menjadi indikator sehatnya sebuah perusahaan pembiayaan, yaitu sebesar 0,9 persen pada tahun 2021, membaik dibandingkan tahun 2020 dengan peresentase NPF sebesar 1,5 persen.

Dia menuturkan bahwa NPF merupakan indikator utama kinerja sebuah perusahaan pembiayaan yang merepresentasikan jumlah kontrak dengan kredit macet atau bermasalah dibandingkan total seluruh kontrak.

“Dalam operasionalnya, sebagai langkah mitigasi munculnya kredit macet atau bermasalah, treatment yang dilakukan perusahaan terbagi menjadi 2 proses, yaitu penagihan dan remedial. Perbedaan dari kedua proses tersebut adalah berdasarkan lamanya keterlambatan pembayaran angsuran yang dilakukan oleh customer,” ucap dia.

“Kami mengedepankan proses penyelesaian secara profesional dan juga terus melakukan perbaikan proses dengan memperkuat inovasi dan digitalisasi pada sistem yang ada,” kata Riadi.

Di tengah jumlah customer yang terus meningkat setiap tahunnya, proses dan sistem pengelolaan kontrak dan penagihan menjadi salah satu faktor kesuksesan lancarnya pelunasan kredit pada perusahaan pembiayaan.

Sumber: ithe
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below