FIFGROUP Cabang Depok, Resmikan Solar Panel

Jakarta –1kata.com, PT Federal International Finance (FIFGROUP) kembali melaksanakan pemasangan solar panel yang ke-6, yaitu di Cabang Depok dalam rangka berkontribusi mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Sebelumnya, FIFGROUP telah melakukan pemasangan solar panel di 4 Cabang, yaitu Cabang Yogyakarta, Semarang, Cirebon, dan Cabang Bandung selama bulan April 2022 serta di Cabang Pamulang pada bulan Maret 2019.

Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, mengatakan FIFGROUP terus berupaya mendorong penerapan program keberlanjutan Sustainability Development Goals (SDGs) dengan memperhatikan implementasi Environment, Social, and Governance (ESG), di mana salah satunya melalui pemasangan solar panel di sejumlah Cabang FIFGROUP.

“Dengan mengoptimalkan penggunaan Energi
Baru Terbaharukan (EBT) pada sejumlah Cabang FIFGROUP di Indonesia diharapkan dapat mendorong penekanan emisi GRK pada operasional bisnis kami. Kami berharap langkah kecil ini dapat menjadi kontribusi kami dalam melestarikan alam,” kata Budi.

Hemat energi dan ramah lingkungan
FIFGROUP melakukan pemasangan solar panel berkapasitas 10,8 kilowatt-peak (KWP) dengan menggunakan sistem on-grid. Penggunaan sistem tersebut dapat menghemat biaya tagihan listrik operasional Cabang Depok sampai dengan Rp 1,4 juta hingga Rp 2 juta setiap bulannya dengan produksi energi listrik sebesar 969 kilowatt-hours (KWH) sampai dengan 1.384 KWH.

Dengan sistem on-grid, solar panel yang dipasang masih terhubung dengan jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN), sehingga setiap daya berlebih yang dihasilkan akan dikirim ke jaringan PLN untuk selanjutnya menjadi pengurang beban biaya tagih listrik.

Selain hemat energi, solar panel dikenal sebagai produk pembangkit listrik EBT yang ramah lingkungan. Hanya dengan radiasi sinar yang dipancarkan oleh matahari, solar panel sudah bisa memproduksi energi listrik yang digunakan untuk peralatan elektronik pada operasional bisnis FIFGROUP.

Dengan pemasangan yang ke-6 tersebut secara akumulatif jumlah reduksi emisi GRK yang telah dilakukan melalui pemasangan solar panel sebesar 48 ton-CO2-equivalen, sehingga diharapkan inisiatif tersebut dapat menjadi sebuah langkah dalam memberikan dampak yang bermanfaat bagi ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan.
Energi surya bantu perubahan iklim

Sumber. : Ithe
Editor. :M Hasyim
Gambar. :Istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below