Pesepeda Wajib Patuhi Rambu Lalu Lintas

JAKARTA, 1kata.com – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menegaskan pesepeda wajib mematuhi rambu lalu lintas (lalin) seperti pengguna jalan pada umumnya.

“Pesepeda itu juga harus patuh pada rambu, kalau TL (traffic light)-nya merah, sepeda juga berhenti. Karena dia juga pengguna jalan,” kata Sambodo Purnomo Yogo, di Mako Polda Metro Jaya, Kamis (23/7/2020).

Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, ada dua jenis kendaraan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yakni kendaraan bermotor dan tidak bermotor.

Atas dasar regulasi tersebut maka pesepeda yang juga menjadi pengguna jalan wajib mematuhi rambu dan peraturan lalu lintas.

Sambodo mengatakan penertiban sepeda dilaksanakan demi menghindari kecelakaan lalu lintas. Petugas lapangan akan memberikan teguran kepada pesepeda yang tidak tertib berlalu lintas.

“Kendaraan harus mematuhi peraturan lalu lintas. Tentu bagian dari Operasi Patuh Jaya ini kita akan melaksanakan peneguran kepada para pesepeda yang memang tidak tertib atau mengganggu arus lalin,” kata Sambodo.

Dia mengatakan saat ini Polda Metro Jaya juga masih menunggu regulasi mengenai pesepeda yang akan diterbitkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kita menunggu katanya Pemda akan mengeluarkan aturan khusus tentang tata cara pesepeda,” ujar Sambodo.

Sumber: CR-09
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below