Kembalikan Rasa Pecaya Diri, Korban Banjir dan Tim Trauma Healing Masak Gunakan Kayu

MAKASSAR, 1kata.com – Tim Trauma Healing Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) tanpa kenal lelah terus berupaya mengembalikan kepercayaan diri warga korban bencana banjir bandang di Masamba, Luwu Utara.

Sepuluh orang anggota tim yang dipimpin Kabag Psikologi Polda Sulsel AKBP Dwitondo Widodo S.Psi itu juga terus membantu para korban untuk kembali mulai menata kehidupan baru mereka di tengah keterbatasan.

“Kita ajak masyarakat kembali menjalani kehidupan baru, meski dengan segala keterbatasan yang ada,” kata AKBP Dwitondo Widodo, Kamis (23/7/2020).

Tak terkecuali soal urusan dapur. Dengan keterbatasan alat seandainya, Tim Trauma Healing Polda Sulsel ini terus semangat mengepulkan asap dapur umum para korban di tenda-tenda pengungsian.

Kayu yang hanyut terbawa banjir ke pemukiman penduduk, kini dimanfaatkan menjadi bahan bakar dapur untuk memasak.

Wakasatgas Trauma Healing Polda Sulsel Kompol Fantry Taherong SH Sik MH mengungkapkan kondisi saat ini pasca banjir boleh dikatakan masih serba darurat.

“Belum ada yang bisa memadai secara normal. Namun itu tak menghalangi para pengungsi korban banjirbersama-sama aparat Polri memenuhi kebutuhan makanan sehari-harinya,” kata Fantry.

Ia menambahkan, masyarakat kita ajak memanfaatkan barang-barang dari sisa bencana alam yang memang bisa dimanfaatkan, seperti kayu-kayu untuk memasak.

“Ini sekaligus mensiasati masih terbatasnya suplai bahan bakar gas ke daerah bencana,” kata mantan Kasat Intelkam Polres Sidrap ini.

Fantry menambahkan, Tim Trauma Healing akan terus bekerja untuk memulihkan kehidupan para korban agar tidak larut dalam kesedihan menghadapi bencana alam yang sangat dasyat ini.

“Masamba Bangkit, itulah tujuan kami ke sini. Setiap hari kami edukasi mereka, berikan hiburan dan pencerahan agama. Agar kedukaan akibat banjir segera terlupakan,” ucapnya.

Sumber: fantry
Editor: joko
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below