Besok Pemerintah Umumkan Biaya Haji 2022

JAKARTA, 1kata.com – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan pada Rabu (13/4/2022) besok, pihaknya akan mengumumkan penetapan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

Hilman menyampaikan hal itu usai mengikuti Rapat Panitia Kerja Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Panja BPIH) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022).

“Kita tetapkan, mudah-mudahan untuk keseluruhan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH), khususnya untuk BPIH yang akan dibayarkan oleh jamaah,” kata Hilman, dalam keterangan resminya, Selasa (12/4/2022).

Hilman menambahkan, hingga kini Kemenag bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) serta Komisi VIII DPR yang tergabung dalam Panja BPIH sedang menghitung kembali komponen BPIH.

Sehingga untuk menetapkan besaran BPIH, kata Hilman Kemenag masih membutuhkan data-data, salah satunya jumlah hari jamaah menetap di Arab Saudi. Dirinya pun juga memperkirakan akan ada komponen biaya yang turun.

“Beda dengan dulu yang totalnya 42 hari. Nah, sekarang berapa hari, karena kemungkinan akan separuhnya. Maka ada kemungkinan komponen biayanya menurun, kita menunggu yang seperti itu, mudah-mudahan infonya segera muncul,” kata Hilman Hilman menyampaikan perhitungan ulang komponen BPIH perlu dilakukan mengingat adanya perubahan besaran anggaran yang dibutuhkan.

Mulai dari biaya pesawat, konsumsi, dan akomodasi supaya lebih rasional dan efisien.

Sumber: CR-03
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below