Pemkot Bandung Terus Cari Solusi Percepat Vaksinasi Covid-19 pada Lansia

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

BANDUNG, 1kata.com – Lambatnya laju vaksinasi COVID-19 pada kelompok lanjut usia (lansia) membuat Pemerintah Kota Bandung tidak henti mencari solusi untuk mempercepatnya.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan para lansia itu memang perlu perlakuan khusus pada program vaksinasi ini. Karena, menurutnya faktor kesehatan lansia pun harus menjadi kewaspadaan para tim vaksinator.

“Kalau dia sekedar mau, tapi dia juga belum tentu bisa, kan dia juga punya penyakit yang harus dinetralkan dulu, misalnya punya tekanan darah tinggi, kemudian punya diabetes, dan lainnya,” kata Yana di Kota Bandung, Kamis (27/5/2021).

Adapun menurutnya salah satu langkah yang ia upayakan yakni mengoordinasikan para pemerintah di tingkat kelurahan atau di tingkat RW agar bisa melaksanakan vaksinasi terhadap lansia.

Pelaksanaan itu pun, kata dia, perlu disertai kerjasama dengan badan kesehatan setempat untuk bisa mengadakan fasilitas unit gawat darurat (UDG) mini.

Pasalnya, kata dia, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) menjadi salah satu kekhawatiran vaksinasi terhadap lansia. Namun, hal itu bisa teratasi apabila akses menuju UGD sangat mudah.

“Makanya mudah-mudahan, kita bergilir, karena harus paket komplit, UGD mini itu harus ada,” kata Yana.

Saat ini vaksinasi kepada lansia di Kota Bandung memang cukup lambat. Dinkes Kota Bandung sebelumnya menyatakan ada sekitar 97 ribu lansia yang baru menerima vaksin.

Sedangkan ada sebanyak 305 ribu lansia di Kota Bandung yang menjadi sasaran vaksinasi. Adapun vaksinasi itu dilakukan guna memicu kekebalan kelompok terhadap covid-19.

Sumber: CR-07
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below