Cegat Warga yang Nekat Mudik, Polda Jabar Perketat Pos Perbatasan

Foto: bisnis.com

BANDUNG, 1kata.com – Untuk mengantisipasi adanya pemudik yang nekat memaksakan diri mudik meski sudah dilarang, Polda Jawa Barat akan memperkuat pengamanan dan penjagaan di pos-pos perbatasan.

“Kalau penyelundupan atau nekat mudik ya kita lakukan pemeriksaan sesuai dengan standar,” Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, Kamis (30/4/2020).

Ia menambahkan, kalau di pos ini kan berlapis, yang berbatasan dari Jakarta, Bekasi kemudian yang masuk wilayah Polda Jabar di Cikopo itu kalau yang di tol, jadi kalau misalkan yang dari Jakarta, itu sudah kena (pemeriksaan) berlapis-lapis.

Ia mengatakan, di perbatasan juga dilakukan pengecekan secara rutin baik di area tol maupun di luar tol.

“Ya kalau sampai malem modusnya, kita 24 jam itu pos-posnya,” katanya.

Ia menegaskan akan menindak tegas siapapun yang terbukti berusaha menyelundupkan pemudik ke area Jabar. Pasalnya, saat ini cukup banyak kasus transmisi antara keluarga di kampung halaman oleh keluarganya yang mudik.

“Ya nanti dilihat tingkat kesalahannya, kalau misalnya ada kesengajaan atau ada pertimbangan lain, ya kita akan melakukan dengan penindakan hukum tegas, untuk sementara kita masih lakukan sosialisasi dan putar balik aja,” kata dia.

Pasalnya, saat ini marak oknum yang menyediakan jasa penyelundupan pemudik bahkan dipromosikan di media sosial.

Sumber: CR-09
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below