KPK Bakal Periksa Istri Edhy dan Ali Ngabalin

Posted by: Tags: Reply
Iis Rosita Dewi

JAKARTA, 1kata.com – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, dan istri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, yakni Iis Rosita Dewi, akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap terkait ekspor benih lobster atau benur.

Menurut Juru Bicara KPK Ali Fikri, pihaknya akan memeriksa semua saksi kasus yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo.

“Pasti akan dipanggil tim penyidik ya, itu kan kemudian memperjelas peristiwa kemudian rangkaian perbuatan yang diduga dilakukan oleh para tersangka,” kata Ali, Kamis (3/12/2020).

Diketahui, Ngabalin sempat dikaitkan dalam kasus rasuah ini. Ngabalin merupakan pembina Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dia juga sempat bersama rombongan KKP dan juga Iis Rosita Dewi sebelum Edhy ditangkap KPK.

Namun, KPK tak mau buru-buru menyimpulkan keterkaitan Ngabalin dan Iis yang sempat satu pesawat dengan Edhy. Sebab, mungkin keberadaan Ngabalin memang dalam rangka pekerjaan, sedangkan Iis hanya menemani Edhy, meskipun statusnya adalah Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Gerindra.

Edhy ditetapkan sebagai tersangka bersama enam orang lainnya dalam kasus dugaan suap terkait ekspor benur. Enam orang yang diduga sebagai penerima suap, yakni Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Safri (SAF), Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Andreau Pribadi Misanta (APM), pengurus PT ACK Siswadi (SWD), istri Staf Menteri Kelautan dan Perikanan Ainul Faqih (AF), pihak swasta Amiril Mukminin (AM), serta Edhy. Satu tersangka sebagai pemberi, yakni Direktur PT DPP Suharjito (SJT).

Sumber: CR-02
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below