Kilang Minyak Balikpapan Terbakar, Polisi: Tidak Sampai 15 Menit Langsung Padam

Kilang terbakar. (ist)

JAKARTA, 1kata.com – Kilang Balikpapan terbakar pada Jumat (4/3/2022) pukul 10.32 WITA. Api berhasil dipadamkan berkat sistem penyiraman dengan pemadam statis yang langsung beroperasi serta dibantu empat unit truk pemadam kebakaran.

“Api yang timbul telah berhasil dikendalikan sekitar pukul 11.00 WITA,” kata Area Manager Communication, Relation, dan CSR Kilang Balikpapan Ely Chandra dalam rilis, Jumat .

Ia menambahkan, sejauh ini manajemen belum mengetahui penyebab kebakaran di Kilang Balikpapan. Saat ini, Pertamina masih menunggu hasil investigasi.

“Kilang Pertamina Internasional gerak cepat memadamkan api dan memastikan Kilang Balikpapan saat ini dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi,” kata Ely Chandra.

Ia mengimbau masyarakat tak panik karena kebakaran terjadi di dalam perimeter kilang. Selain itu, manajemen juga terus melakukan pendinginan dengan menggunakan air dan foam.

“Kilang juga tidak mengalami kendala serta tetap dapat beroperasi,” jelas Ely.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Yusuf Sutejo mengatakan kebakaran di Kilang Balikpapan dapat diatasi dalam waktu kurang dari 15 menit.

“Tidak sampai 15 menit, langsung dipadamkan,” kata Yusuf saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan Pertamina sudah dapat menanggulangi kebakaran sebelum merembet ke lokasi lain. Menurutnya, kebakaran yang terjadi tak besar.

Sutejo mengatakan tak ada kerugian materiil yang signifikan akibat percikan api tersebut. Ia menjelaskan bahwa penanganan dilakukan secara internal oleh pihak Pertamina.

“Begitu ada percikan, namanya flash istilah mereka ya. Langsung dipadamkan, enggak ada apa-apa,” jelas Yusuf.

Polisi, kata dia, belum diterjunkan untuk melakukan pendalaman ataupun investigasi lebih lanjut terkait dengan peristiwa kebakaran itu.

Sumber: CR-03
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below