200 WNI Terancam Hukuman Mati

SURABAYA, 1kata.com – Kementerian Luar Negeri mencatat sekitar 200 Warga Negara Indonesia (WNI) yang mayoritas sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terancam hukuman mati di luar negeri. Pemerintah hingga kini sudah membebaskan 15 orang yang sebelumnya terancam hukuman mati di luar negeri.

“Sampai bulan ini, sekitar 200 WNI yang terancam hukuman mati karena sejumlah kasus,” kata Salman Alfarisi, staf ahli Kementerian Luar Negeri, di sela sosialisasi penanganan kasus besar di luar negeri yang melibatkan WNI di Surabaya, Senin (27/7/2015).

Menurut dia, tidak hanya pembunuhan, jenis kasus lainnya yang menyebabkan WNI terancam hukuman mati antara lain narkoba dan tuduhan sihir.

Pemerintah, kata dia, hingga kini sudah membebaskan 15 orang yang sebelumnya terancam hukuman mati di luar negeri.

Pihaknya berjanji terus melakukan upaya pendampingan pada WNI di luar negeri, terutama yang terjerat kasus hukum, meski diakuinya banyak berasal dari TKI ilegal.

“Namun, pemerintah tidak melihat status dan selama orang tersebut warga Indonesia maka pasti diberikan bantuan,” kata Salman, mantan Duta Besar Indonesia di Uni Emirat Arab.

Ia menjelaskan penyebaran WNI di luar negeri didominasi Malaysia dengan 2,5 juta orang, kedua di Arab Saudi dengan 800 ribu orang, serta sejumlah negara lain di Afrika maupun Amerika Selatan.

Sumber: CR-11 || editor: m. hasyim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below