Tahun 2022, Jokowi Minta 20 Juta UMKM Harus Masuk dalam Ekosistem Digital

Presiden Jokowi dan MenKopUKM Teten Masduki.

JAKARTA, 1kata.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sepanjang pandemi Covid-19 selama dua tahun, sebanyak 17,5 juta UMKM sudah masuk dalam ekosistem digital. Namun jumlah ini dinilai belum cukup dan harus terus ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam membuka Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022, secara virtual dari istana negara. Rakornas tersebut diselenggarakan di Gedung Smesco, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Dalam acara ini, Jokowi didamping Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Menuru Jokowi, saat merupakan momentum yang tepat bagi UMKM mengisi marketplace sehingga UMKM naik kelas.

Karena itu, Presiden Jokowi mengaskan, Indonesia tidak boleh hanya menjadi penonton di tengah masifnya perkembangan ekonomi digital. Ia juga menekankan sudah cukup Indonesia dibanjiri dengan produk impor, sehingga kebutuhan produk harus bisa dipenuhi produk dalam negeri.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta Kementerian Koperasi dan UKM untuk menagertkan 20 juta UMKM masuk dalam platform digital pada tahun 2022, tahun 2023 sebanyak 24 juta, dan tahun 2024 mencapai 30 juta UMKM.

Jokowi yakin dengan kerja keras semua pihak maka target tersebut akan terpenuhi. Tidak hanya itu, Jokowi juga berharap agar jumlah koperasi yang berbasis digital terus meningkat. Misalnya tahun 2022 berjumlah 250 maka tahun 2023 bertaham 400, dan pada 2024 jumlah koperasi berbasis digital meningkat 500.

Sumber: deva
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below