Hore, Mulai Senin Depan Wisman ke Bali Tak Perlu Karantina

Turis asing. (ist)

DENPASAR, 1kata.com – Ini menjadi kabar gembira bagi pelaku usaha wisata di Bali. Gubernur Bali I Wayan Koster mengungkapkan terhitung mulai hari Senin (7/3/2022), wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali tidak perlu lagi menjalani karantina.

“Jadi mulai 7 Maret, tanpa karantina khusus untuk Bali,” kata Wayan Koster kepada wartawan, Sabtu (5/3/2022).

Keputusan itu, kata dia, dicapai dalam rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Kesehatan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Perhubungan dan Ketua Satgas Covid-19/Kepala BNPB.

Dalam rapat disepakati kebijakan tanpa karantina berlaku bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) baik melalui jalur udara, juga jalur laut. Selain tak perlu lagi karantina, rapat juga menyepakati wisman yang datang ke Bali sudah bisa menggunakan visa on arrival (VoA) mulai 7 Maret 2022.

VoA berlaku bagi wisman dari 23 negara. Yaitu Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Belanda, Prancis, Qatar, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Italia, Selandia Baru, Turki, Uni Emirat Arab, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Vietman, Laos, Myanmar, Kamboja dan Filipina.

Koster yakin dengan penghapusan karantina dan pemberlakuan VoA, kedatangan wisman ke Bali akan meningkat.

“Ini penerbangan (internasional) nambah terus,” ujarnya.

Sumber: ithe
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below