Wapres: Dana Haji 2021 di BPKH Sebesar Rp158,8 Triliun

Ilustrasi dana haji. (ist)

JAKARTA, 1kata.com – Saldo dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada 2021 mencapai Rp158,8 triliun. Jumlah ini meningkat 9,6% dibanding 2020.

“Berdasarkan laporan yang saya terima, saldo dana haji yang dikelola BPKH pada 2021 mencapai Rp158,8 triliun, meningkat 9,6% dibanding tahun 2020,” kata Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin, saat menjadi keynote speaker pada Global Islamic Investment Forum (GIIF) 2022, Jumat (25/3/2022).

Ia menambahkan, hal ini juga diiringi dengan penambahan nilai manfaat, yang mencapai Rp10,55 triliun atau bertambah 41,9% dibanding tahun sebelumnya.

Wapres mengatakan, BPKH layaknya manajer investasi atas dana haji yang dititipkan untuk dikelola.

Makanya, BPKH harus menyusun strategi investasi dana haji untuk menunaikan amanah tersebut, agar dana yang dikelolanya dapat memberikan kemaslahatan yang berkelanjutan, baik bagi para jamaah haji maupun masyarakat secara luas.

Ia menambahkan, dirinya mendapat laporan bahwa BPKH telah merealisasikan investasi di Awqaf Properties Investment Fund (APIF), Islamic Development Bank, dengan total nilai mencapai Rp164 miliar.

“Nilai manfaat dari investasi ini tercatat yang tertinggi dari seluruh instrumen investasi BPKH dalam mata uang asing,” kata Wapres.

Wapres berharap agar investasi yang dilakukan BPKH terus dilanjutkan termasuk bekerja sama dengan Badan Wakaf Indonesia.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below