Polisi Belum Ketahui Estimasi Jumlah Massa Buruh yang Demo Hari Ini

JAKARTA, 1kata.com – Polisi meyakini demo akan tetap digelar para buruh untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Sabtu (1/5/2021) ini, meski dalam suasana Bulan Suci Ramadan dan sebagian besar buruh menjalankan ibadah puasa, serta di masa pandemi covid-19

Namun sejauh ini, seperti diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menegaskan, pihaknya belum mengetahui estimasi massa aksi buruh yang akan turun ke jalan.

Walaupun pihaknya telah mendapatkan banyak pemberitahuan terkait buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa May Day.

“Ada beberapa organisasi buruh yang sudah menyampaikan pemberitahuan aksi, banyak tapi estimasi massa belum bisa kita sebutkan,” kata Yusri, Jumat (30/4/2021).

Kendati demikian, Yusri menyatakan, pihaknya berharap buruh tidak unjuk rasa untuk memperingati Hari Buruh atau May Day besok, 1 Mei 2021.

Pasalnya, kasus Positif Covid-19 di Indonesia terus merangkak naik. Sehingga, jangan sampai kerumunan massa dari buruh menimbulkan polemik.

“Kami tidak melarang karena memang ada aturan perundang-undangan untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Selama mematuhi peraturan, kami siap untuk mengawal,” jelasnya.

Untuk itu, Yusri mengimbau, sebaiknya hanya perwakilan massa buruh saja yang melakukan aksi unjuk rasa dan tidak perlu semua buruh yang melakukan aksi ke lapangan besok.

“Estimasi massa ini penuh, ada berapa puluh titik di Jakarta ini, ada yang membuat di pabrik sendiri, ada virtual, ada baksos, kami harap massa tidak terlalu banyak,” katanya.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below