Pilkada Jabar, Ini 8 Daerah yang Diundur Jadwalnya

JAKARTA, 1kata.com – Kepala Biro Pemerintahan dan Kerjasama Pemprov Jabar Dani Ramdan mengatakan sejumlah Pilkada serentak 2020 di Jawa Barat ditunda selama tiga bulan dari jadwal semula akibat pandemi virus corona.

“Terdapat delapan kabupaten/kota yang terpaksa menunda pelaksanaan Pilkada tahun ini. Harusnya tahapan pemungutan suara digelar pada 23 September 2020, akan diundur ke Desember 2020,” kata Dani Ramdan, Kamis (30/4/2020).

Hal itu, lanjut dia, menyusul terbitnya surat dari KPU RI nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/111/2020 yang ditandatangani Ketua KPU RI Arief Budiman pada 21 Maret 2020.

Adapun delapan daerah di Jabar yang seharusnya menggelar Pilkada Serentak 2020 adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kota Depok.

“Kegiatan hingga April ini harusnya ada empat kegiatan, yaitu pelaksanaan pelantikan PPS (Panitia Pemungutan Suara), verifikasi syarat perseorangan. Kalau secara administratif mungkin bisa dilakukan, tapi secara fisik atau faktualnya tidak ditunda,” kata Dani.

Dani menerangkan, sejauh ini sudah ada lima kabupaten di Jabar yang terlanjur melakukan pelantikan anggota PPS.

Ia juga menyampaikan soal pencairan dana hibah oleh pemkab dan pemkot terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar tetap dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan.

“Kalau masih ada sisa tetap disimpan di rekening KPU,” ucapnya.

Untuk tahap berikutnya, lanjut Dani, akan ditunda pencairannya sampai ada perubahan atas penundaan ini.

“Jadi praktis semua kegiatan kecuali yang bersifat administrasi ditunda, pemilihan pun diundurkan tiga bulan sampai ke Desember,” ujarnya.

Sumber: CR-04
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below