Meski Mudik Dilarang, Tol dan Jalan Nasional Tidak Ditutup

JAKARTA, 1kata.com – Pada saat larangan mudik diberlakukan pada Jumat (24/4) besok, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tidak ada penutupan tol maupun jalan nasional.

“Perlu kami tegaskan tidak ada penutupan jalan nasional maupun jalan tol, tetapi yang dilakukan adalah penyekatan atau pembatasan kendaraan yang diizinkan melintas atau tidak,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, dalam keterangan persnya di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Adita Irawati mengatakan, penyekatan dan pembatasan bertujuan untuk menjamin kelancaran angkutan logistik bagi masyakarat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan berdasar Peraturan Menteri Perhubungan Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19, larangan mudik akan diberlakukan mulai 24 April hingga 31 Mei untuk transportasi darat, hingga 15 Juni untuk kereta api, hingga 8 Juni untuk transportasi laut dan hingga 1 Juni untuk transportasi udara.

Adapun ruang lingkup peraturan yaitu larangan sementara untuk penggunaan sarana transportasi umum, baik darat, laut, udara, dan kereta api, serta kendaraan pribadi maupun sepeda motor.

Warga dilarang masuk dan keluar wilayah yang diterapkan Pembatasan Sosial Berskalal Besar (PSBB), wilayah zona merah penyebaran covid-19, dan Jabodetabek dan wilayah aglomerasi lainnya yang telah ditetapkan PSBB.

“Larangan ini kecuali untuk angkutan logisitik atau barang kebutuhan pokok, angkutan obat-obatan dan kendaraan pengangkut petugas, pemadam kebakaran, ambulans dan mobil jenazah,” katanya.

Sumber: CR-09
Editor: m. hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below