Mahasiswa UI Harus Siap Hadapai Satu Abad Indonesia Merdeka

Mahasiswa UI

JAKARTA, 1kata.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak mahasiswa untuk berperan dengan membantu Indonesia kembali berjaya setelah pandemi Covid-19. Indonesia menaruh harapan besar di pundak generasi muda.

Demikian disampaikan Puan dalam Kegiatan Mahasiswa Baru (KAMABA) Universitas Indonesia (UI), Jumat (27/8/2021). Puan yang juga alumni UI itu hadir secara virtual dalam penyambutan mahasiswa baru Kampus Kuning tersebut yang bertemakan ‘Fungsi dan Peran Legislatif Dalam Menunjang Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Bangsa Demi Terwujudnya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia’.

“Saya mengucapkan selamat kepada para mahasiswa mahasiswi baru yang sudah menjadi bagian dari Universitas Indonesia. Sekarang kalian bisa dengan bangga mengatakan, We are the yellow jackets,” kata Puan.

Untuk itu, Puan mengajak semua pihak, termasuk mahasiswa, untuk bergotong royong mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Gotong royong dari DPR RI, Pemerintah, akademisi, generasi muda, pemuka agama, pengusaha, dan seluruh komponen sangat dibutuhkan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menyinggung rasa bangga menjadi mahasiswa UI menurut Puan, meski di era sekarang, pengalaman yang dirasakan agak berbeda dari generasi sebelumnya akibat pandemic, namun ada keunikan yang dirasakan generasi mahasiswa saat ini.

“Generasi saat ini ada kebebasan untuk mendapat ilmu, ada kemerdekaan untuk belaja, tidak lagi dibatasi secara ruang fisik. Dan, saya apresiasi apa yang telah dilakukan oleh UI untuk menerapkan program Kampus Merdeka sebagai jawaban atas tantangan zaman,” ujarnya.

Mantan Menko PMK ini meminta agar mahasiswa memaksimalkan keunggulan generasi milenial. Sebab generasi muda, menurut Puan, akan menjadi para decision makers untuk Indonesia ke depan.

“Meyadari kalian bagian dari generasi tahun 2045 atau saat Indonesia berumur 100 tahun, kalian-lah yang akan mengambil keputusan-keputusan penting, yang dapat melahirkan era baru kejayaan Indonesia,” tambah Puan.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below