KRI Nanggala-402, Ryan Ramsey: Sangat Tidak Mungkin Ditemukan

Istimewa

JAKARTA, 1kata.com – Mantan komandan kapal selam nuklir Ryan Ramsey mengungkapkan kemungkinan awak kapal yang hilang tidak akan pernah ditemukan karena air tempat mereka menghilang hampir sedalam satu mil.

“Jika sesuatu telah terjadi, sangat tidak mungkin Nanggala-402 akan ditemukan,” kata mantan perwira Angkatan Laut itu, seperti dilansir dari The Sun, Kamis (22/4/2021).

“Fakta bahwa dia (KRI Nanggalan-402) belum menyentuh dasar selama jendela komunikasi rutin juga menunjukkan bahwa dia telah tersesat,” tambahnya.

Menurutnya, Bali adalah pulau vulkanik yang dikelilingi air yang sangat dalam sehingga akan menghambat peluang untuk menemukan orang yang selamat.

“Bali adalah pulau vulkanik yang dikelilingi oleh air yang sangat dalam – hingga 1.590 meter – yang akan menghambat peluang untuk menemukan orang yang selamat,” katanya.

Ryan mengatakan, jika mereka mendapat masalah selama latihan, mereka tentu akan muncul ke permukaan.

“Jadi entah mereka tidak bisa muncul ke permukaan kapal selam atau sesuatu yang sangat dramatis terjadi secara instan,” katanya.

Di samping itu, juru bicara angkatan laut Indonesia Laksamana Pertama Julius Widjojono juga mengatakan ada kemungkinan kapal selam itu sudah berada di palung laut dengan kedalaman 600-700 meter.

Laksamana menerangkan, KRI Nanggala-402 tersebut sudah tua dan tidak memiliki palka penyelamat untuk dikunci oleh kapal penyelamat.

Satu-satunya pilihan bagi para awak adalah dengan mengenakan apa yang disebut “pakaian pelarian” dan keluar melalui menara komando.

Akan tetapi pakaian tersebut hanya dapat beroperasi pada kedalaman terbatas sekitar 200 meter.

Kapal lain yang saat ini berada di tempat kejadian termasuk korvet Fatahillah kelas satu TNI-AL (361), korvet kelas Bung Tomo (357), dan korvet kelas Kapitan Pattimura (Parchim I), Teuku Umar (385).

KRI Nanggala-402 berbobot 1.395 ton telah beroperasi sejak tahun 1981.

Sumber: CR-04
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below