Harta Karun Sriwijaya Ditemukan di Sungai Musi

JAKARTA, 1kata.com – Harta karun yang diperkirakan peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berkuasa antara abad ke-7 hingga abad ke-13, ditemukan para nelayan saat melakukan penyelaman malam hari di Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan.

Harta karun itu berupa batu permata, cincin upacara emas, koin, dan lonceng perunggu biarawan. Penemuan paling luar biasa sejauh ini adalah patung Buddha abad ke-8 berukuran nyata yang bertatahkan permata bernilai miliaran rupiah.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (26/10/2021), Dr Sean Kingsley, seorang arkeolog maritim Inggris yang mengungkap temuan ini dalam penelitiannya, mengatakan dalam lima tahun terakhir, hal-hal luar biasa telah muncul. Penelitian Kingsley itu diterbitkan dalam majalah Wreckwatch terbitan terbaru.

“Koin dari semua periode, patung emas dan Buddha, permata, segala macam hal yang mungkin Anda baca di Sinbad the Sailor dan mengira itu dibuat-buat. Itu benar-benar nyata,” kata Kingsley.

Kingsley menggambarkan harta karun itu sebagai bukti definitif bahwa Sriwijaya adalah “dunia air”, orang-orangnya tinggal di sungai seperti manusia perahu modern, seperti yang dicatat oleh teks-teks kuno.

“Ketika peradaban berakhir, rumah kayu, istana, dan kuil mereka semua tenggelam bersama semua barang-barang mereka,” jelas Kingsley.

Dengan temuan ini, Kingsley menyebut bahwa para nelayan lokal akhirnya berhasil membuka rahasia Sriwijaya.

Penelitian akan diterbitkan dalam edisi terbaru majalah Wreckwatch, yang diedit oleh Kingsley. Studi Sriwijaya merupakan bagian dari publikasi musim gugur setebal 180 halaman yang berfokus pada Tiongkok dan Jalur Sutra Maritim.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below