3.829 Pemudik Jatim Jalani Karantina

Posted by: Tags: Reply
Foto: antara

SURABAYA, 1kata.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.829 orang yang mayoritas pulang kampung saat ini sedang menjalani masa karantina di titik-titik observasi berbasis desa atau kelurahan yang ada di seluruh daerah di provinsi itu.

“Mayoritas mereka adalah masyarakat yang pulang kampung dan baru tiba dari daerah zona merah penularan covid-19, termasuk dari luar negeri,” kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis (30/4/2020).

Gubrenur Jatim Khofifah menjelaskan bahwa total gedung yang sekarang terpakai untuk observasi berada di sebanyak 478 titik se-Jatim.

Sedangkan jumlah keseluruhan, kata dia, sudah ada 7.387 desa atau kelurahan yang memiliki ruang observasi mandiri untuk melakukan pengamatan warga pulang kampung.

Khofifah menambahkan bahwa pemprov setempat sudah menyiapkan dana bantuan sosial bagi warga terdampak, namun sistem penyalurannya ada di pemerintah kabupaten dan kota.

“Ada bantuan Pemprov Jatim kami distribusikan lewat kabupaten/kota. Anggarannya ditransfer ke BPBD,” katanya.

Berdasarkan data per Rabu (29/4/2020), jumlah pasien terkonfirmasi positif di Jawa Timur secara keseluruhan mencapai 871 orang.

Bagi warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim mencapai 2.986 orang, sedangkan ODP tercatat 19.051 orang.

“Terkait status daerah terjangkit atau zona merah, saat ini totalnya 35 daerah atau hanya menyisakan tiga daerah di provinsi itu yang tidak ada kasus positif, yaitu Kota Madiun, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Sampang,” tegas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sumber: CR-05
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below