Kritik Pemberhentian Kabareskrim (1)

ISU pemberhentian Kabareskrim menjadi trending topic di berbagai media massa. Tak pelak, memori tentang “kontroversi” sepak terjang Komjen Pol Budi Waseso selama menjabat Kabareskrim kembali menyeruak dalam ingatan media dan publik.

Berbagai tanggapan muncul beragam mengingat banyak kepentingan dan para pihak yang merasa diuntungkan atau sebaliknya dirugikan dengan segala tindakan Kabareskrim selama ini.

Namun demikian, satu hal yang tak boleh dilupakan adalah Polri saat ini membutuhkan sosok seperti Komjen Pol Budi Waseso sebagai Kabareskrim untuk membangunkan perhatian dan kesadaran publik.

Bahwa Polri memiliki kekuatan independen dalam menegakkan hukum yang sempat dianggap sinis oleh publik, mengingat penindakan yang dilakukan Polri terhadap beberapa komisioner KPK non aktif sebelumnya.

Kabareskrim justru berjasa menguatkan persepsi positif publik terhadap pemerintah dan Polri, karena dengan tindakan penegakkan hukum yang dilakukannya, publik akan membaca bahwa meskipun Polri di bawah pemerintah, akan tetapi pemerintah tidak turut campur dalam proses penegakan hukum.

Demikian juga Polri akan dinilai mampu bekerja secara profesional dan independen meski di bawah kekuasaan pemerintahan. (bersambung)

Oleh: Brigjen Pol Dr. Bambang Usadi, MM

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below