Aiptu Budiman, Membiayai Pondok Pesantren dengan Gaji Polisi

JAKARTA, 1kata.com – Aiptu Budiman, anggota Polsek Bungursari, Purwakarta, Jabar, tidak pernah menyangka kalau dirinya mampu membiayai perjalanan pondok pesantren (ponpes) yatim piatu Madinah Darul Barokah.

Karena dirinya hanya memiliki gaji sebagai polisi dan usaha kecil-kecilan istrinya. Kehidupan ekonomi keluarganya juga pas-pasan.

Ternyata, ponpes itu bukan hanya bisa berdiri. Bahkan kini, di ponpes yang didirikannya itu terdapat 100 santri dan 31 anak yatim yang sebagian besar diasuhnya dengan gratis.

“Saya sempat bertanya kepada Allah, ya Allah apakah saya bisa membiayai ponpes ini?” katanya, seperti dikutip dari sebuah tv swasta, Sabtu (22/8/2015).

Menurut Abah, demikian Budiman biasa dipanggil di sekitar lingkungan ponpesnya, dirinya tidak ingin membiayai ponpesnya dengan uang-uang yang tidak jelas asal-usulnya. Namun jika dengan uang gaji dan hasil jualan istrinya, tentu semuanya tidak akan cukup.

“Disinilah saya sering merenung,” katanya. Ternyata, lanjut Abah, bukan hanya ponpes itu bisa berdiri. Tetapi ponpes bisa berjalan dengan baik dengan segala yang ada. “Allah telah mencukupkan kebutuhan ponpes ini,” katanya, dengan nada bersyukur.

Ia mengakui, dirinya tetap seorang polisi dengan menjalankan tugas dan kewajiban sebagaimana mestinya. Apa yang ia lakukan di ponpes ini, menurutnya, juga sebagai upaya membersihkan diri dari perjalanan panjangnya selama bergaul dengan dunia hitam saat melakukan under cover sebagai seorang anggota polisi.

Awalnya, lanjut Abah, dirinya tidak pernah berkinginan mendirikan ponpes. Namun setelah pindah dari Polda Jabar ke Polsek Bungursari Polres Purwakarta, dirnya mendapatkan tempat tinggal di sekitar polsek. Ia melihat, anak-anak tidak terarah dan memerlukan bimbingan.

Dari situlah dirinya berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan akhirnya didirkan ponpes. “Alhamdulillah, sekarang bisa berdiri dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” katanya.


Sumber: CR-01 || editor: m.hasyim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below