Putra Sulsel Fantry Taherong Raih Doktor dengan Summa Cumlaude dari Pasca Sarjana UMI

Kompol Fantry Taherong

MAKASSAR, 1kata.com – Anggota Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Kompol Fantry Taherong meraih gelar doktor dengan predikat summa cum laude atau dengan pujian tertinggi pada sidang promosi Doktor Ilmu Hukum (DIH) Program Pasca Sarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI), secara luring di Aula Pasca Sarjana UMI, Makassar, Kamis (3/5/2021).

Sidang dipimpin Direktur Pasca Sarjana UMI Prof Baharuddin Semmaila, adapun tim pengujinya adalah Prof H Sufirman Rahman, Prof Slamet Sampurno, Dr Sri Lestari Purnomo, Dr Nasrullah Arsyad, Dr Baharuddin Badaru, Dr Serling Serang. Sedang promotor dalam sidang disertasi itu adalah Prof Hj Mulyati Pawennai, Prof H Syahruddin Nawi, Dr Abdul Agis.

Fantry mampu mempertahankan disertasinya dengan menjawab semua pertanyaan dewan penguji dengan lancar dan lugas. Alumni Akpol 2005 yang sebelumya menyabet Penghargaan Presiden, Kapolri sampai Kapolda ini mengangkat disertasi berjudul ‘Hakikat Pertanggungjawaban Tindak Pidana Penyebaran Berita Hoax Melalui Media Sosial’.

Dalam penelitian disertasi ini, Fantry menyampaikan novelty temuan bahwa penerapan restoratife justice dalam penyelesaian pertanggungjawaban pidana penyebaran berita bohong (hoax) merupakan konsep penyelesaian pidana dengan menggunakan jalur non penal yang bukan pembalasan terhadap perilaku, namun ditekankan kepada pemulihan keadaan terhadap korban sebelum tindakan kejahatan tersebut di lakukan.

“Hal ini agar nama baik terlindungi dari stigma negatif di masyarakat. Sedangkan penyelesaian kasusnya dialihkan dari peradilan formal ke peradilan informal,” kata Fantry, Kamis.

Mantan Sespripim Polda Sulsel dan Kasubbagmutjab SDM Polda Sulsel ini lulus dengan IPK Sempurna 4.0. Fantry menyelesaikan pendidikan hanya dalam waktu dua tahun sepuluh bulan.

Kompol Fantry yang sekarang sedang menempuh pendidikan Sespimmen Polri di Lembang, Bandung, mencatatkan sejarah baru di UMI dengan menempatkan namanya sebagai peraih gelar dengan predikat Summa Cumlaude, With Highest Praise, dengan kehormatan tertinggi doktor bidang hukum pertama dan satu satunya di antara 279 alumni sepanjang sejarah berdirinya DIH Pasca Sarjana UMI.

Anggota tim penguji, Prof H Sufirman Rahman, mengaku bangga karena Fantry Taherong mengangkat judul yang sangat aktual dan menjadi trend pada masa sekarang.

“Menurut saya, kawaban yang diberikan dalam sidang ini sangat bagus dan cemerlang. Akademik menggunakan silogisme berpikir yang baik, saya sangat setuju jika mendapatkan predikat terbaik,” katanya.

Ia menambahkan, mudah-mudahan setelah sidang ini, saya berharap Promovendus bisa terus belajar di sela-sela pendidikannya di Sekolah Staff dan Pimpinan Menengah Polri dan kesibukannya sebagai anggota polisi aktif,” kata Asisten Direktur II pasca Sarjana UMI ini.

Sumber: deva
Editor: m.hasyim
Foto: 1kata.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below