25 Provinsi Terapkan PPKM Mikro Menjelang Lebaran

Foto: antara

JAKARTA, 1kata.com – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah kembali memperpanjang dan memperluas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Kebijakan ini diperpanjang selama dua pekan, mulai 20 April hingga 3 Mei 2021.

“Berdasarkan hasil evaluasi, melanjutkan perpanjangan PPKM Mikro yaitu yang tahap keenam tanggal 20 April sampai dengan 3 Mei 2021,” ujar Airlangga Hartarto di Kantor Presiden usai mengikuti Rapat Terbatas persiapan Idul Fitri 1442 H / 2021 Masehi, Senin (19/4/21).

Menurut Airlangga, perluasan cakupan wilayah dari PPKM mikro sebanyak lima provinsi baru, yaitu Sumatra Barat, Jambi, Kepulauan bangka Belitung, Lampung, dan Kalimantan Barat. Sehingga, total ada 25 provinsi yang menerapkan PPKM mikro.

Airlangga mengatakan, harapan pemerintah dengan perluasan dan perpanjangan PPKM mikro ini adalah semakin menekan laju penyebarluasan pandemi covid-19 di Indonesia. Ia juga menuturkan, selama PPKM mikro diberlakukan, pandemi covid-19 di Indonesia semakin menunjukkan tren positif, yaitu menurunnya kasus.

“Perkembangan parameter penanganan covid-19 dan penerapan PPKM mikro tahap kelima antara tanggal 6 – 19 April itu terus mengalami perbaikan,” tambah Airlangga.

Adapun kasus aktif covid-19 di Indonesia per 18 April sebesar 6,6 persen, menurun bila dibandingkan dengan Februari lalu yang mencapai angka 16 persen. Sementara kasus positif kini berada di angka 11,2 persen menurun bila dibandingkan dengan kasus positif pada Februari lalu yang mencapai angka 29,42 persen.

“PPKM dan PPKM Mikro yang diterapkan sejak Januari dan Februari telah mulai berhasil mengendalikan lajur penyebarluasan covid di mana rata-rata kasus aktif terus menurun. Di Januari 15,43 persen, di Februari 13,57 persen, Maret 9,52 persen, dan April 7,24 persen,” ujar Airlangga.

Sumber: CR-05
Editot: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below