Taksi Black Cab London Promosikan Wisata Indonesia

LONDON, 1kata.com – Ratusan taksi di London Inggris yang dikenal dengan sebutan “black cab” mempromosikan pariwisata Indonesia di pintu dan badan taksi dengan pemasangan berbagai gambar objek wisata seperti Candi Borobudur, Raja Ampat Papua dan Tanah Lot Bali.

Direktur Komunikasi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, Noviendi Makalam kepada Antara London, Selas menyebutkan setidaknya 190 taksi yang menjadi ikon dan populer di London, Inggris mempromosikan objek wisata di Indonesia.

Promosi Wonderful Indonesia, seperti dikutip Antara, dengan dipasang di badan taksi selama satu bulan, dua minggu sebelum dan dua minggu setelah pelaksanaan pameran pariwisata WTM London yang berlangsung di Gedung Excel London 2-5 November 2015.

Selain promosi di taxi Kementerian Pariwisata dengan brand “Wonderful Indonesia,” juga beriklan di BBC World News berbentuk TV commercials sebanyak 477 spot TVC sejak bulan September hingga Desember mendatang. Video promosi berdurasi 30 detik dan 60 detik yang menampilkan berbagai keindahan obyek wisata di Indonesia ditayang sejak 26 Seprember lalu.

Menurut Noviendi Makalam, iklan Wonderful Indonesia itu adalah upaya Kementerian Pariwisatan dalam meningkatkan brand awareness di mata masyarakat Inggris dan 188 negara lainnya yang berpartisipasi dalam WTM London serta menarik mata wisatawan mancanegara yang sedang berwisata di salah satu kota paling diminati di dunia.

Diharapkan dengan gencarnya iklan Wonderful Indonesia baik di kalangan bisnis yang berpartisipasi dalam WTM London dan juga pemasangan iklan Wonderful Indonesia dalam official daily news letter WTM, dunia diingatkan ada a place that called Wonderful Indonesia.

Kendaraan beroda empat yang sangat unik dengan tulisan “Taxi” di bagian atasnya merupakan kendaraan khas London, Inggris yang terkadang disebut hackney carriage atau black cab mendapat beragam penghormatan sebagai salah satu fasilitas publik yang terjaga kualitasnya.

Pengemudinya diwajibkan memiliki pengetahuan mendasar kota London, mulai dari nama jalan, restoran, kantor pemerintahan, monumen, ataupun gereja dan masjid.

Kendaraan yang juga menjadi ikon pariwisata London itu kini “bersatu” dengan pariwisata Indonesia. Caranya dengan menempelkan promosi wisata “Wonderful Indonesia” di bagian daun pintu.

Sebanyak 190 black cab yang mempromosikan Wonderful Indonesia. Bersama tulisan itu, terukir “Pure Paradise” di bagian sisi depan taksi, kemudian logo Wonderful Indonesia di pintu depan bersama alamat situs resmi pariwisata Indonesia, www.indonesia.travel. Lengkap dengan gambar orang berselancar di bagian pintu belakang taksi.

Kementerian Pariwisata berupaya menjaring wisatan Inggris dalam pameran pariwisata terbesar kedua di dunia World Tourism Market (WTM) 2015 yang berlangsung di gedung Excel London, Inggris, dari 2 sampai 5 November dengan berbagai cara di antaranya mengikuti pameran dan melakukan promosi melalui media taxi.

Apalagi Indonesia mentargetkan sebanyak 200.000 wisatawan dari Inggris dan diharapkan dengan dilakukannya promosi melalui media taxi yang berkeliling kota London akan tercapai.

Promosi dengan media taxi dilakukan di London yang sasarannya selain melakukan penguatan posisi Indonesia dalam kancah industri pariwisata dunia melalui keikutsertaan dalam WTM London Visualisasi pencitraan yang dipilih pada iklan di ratusan taksi tersebut adalah obyek wisata di Indonesia.

Wisata Indonesia yang menawarkan janji tempat yang hangat sekaligus penuh aktifitas disesuaikan dengan minat dan karakter pasar masyarakat Inggris yang cenderung mencari liburan ke daerah yang lebih hangat saat libur musim dingin.

Taksi tersebut diatur agar banyak beroperasi di daerah-daerah yang menjadi landmark kota London di pusat-pusat keramaian wisatawan seperti di Oxford street, otomatis menarik perhatian calon wisawatan untuk datang ke Indonesia.

Black cab begitu disukai para turis untuk mengantar mereka berkeliling Kota London, Pada umumnya wisatawan mencintai taksi hitam. Setiap hari, ratusan wisatawan ingin difoto bersama taksi hitam yang memiliki bentuk yang sempurna dan mendapatkan tempat di hati wisatawan.

Sumber: CR-02 || editor: m.hasyim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below