Rizal Ramli: Pengembangan Pariwisata Perlu Dukungan Infrastruktur

JAKARTA, 1kata.com – Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menegaskan, daya tarik pariwisata suatu tempat harus ditopang dengan infrastruktur dan latar belakang sejarah yang kuat.

“Tidak cukup modal pemandangan bagus. Kalau kita mau mengembangkan daerah pariwisata, harus ada magnet story supaya orang mau datang,” kata Rizal Ramli, di Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Rizal menegaskan, sektor pariwisata RI bisa diandalkan untuk menggerakkan perekonomian dengan biaya lebih murah dari sektor lain.

“Dibandingkan Thailand dan Malaysia, kekayaan alam Indonesia luar biasa. Sektor pariwisata itu bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dan menciptakan banyak lapangan kerja dengan cepat,” katanya.

Menurut Rizal Ramli, untuk menciptakan satu lapangan kerja di sektor pariwisata hanya butuh dana 3.000 dolar AS sedangkan sektor lain sampai 20.000 dolar AS.

Dengan modal murah tersebut, Rizal Ramli berharap bisa menggenjot sektor pariwisata dengan meningkatkan kunjungan pelancong.

Ia menambahkan, jumlah turis harus naik dari 5 juta menjadi 10 juta. Salah satu strateginya adalah memberikan bebas visa berkunjung untuk 70 negara.

“Dengan begitu saja, pebisnis Jepang bulan lalu datang tadinya hanya berencana 700 orang, begitu tahu ke Indobesia bebas visa jadi 1.300 orang yang datang,” katanya.

Sumber: CR-01 | editor: m.hasyim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below