Telkom Siap Luncurkan Satelit Baru High Throughput Satellites

Peluncuran satelit

JAKARTA, 1kata.com – VP Corporate Communication PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) Pujo Pramono, menyatakan, proyek pembuatan satelit berkapasitas data besar atau high throughput satellites (HTS) saat ini masih dalam tahap awal pengadaan.

“Jika tidak ada halangan, rencananya satelit tersebut meluncur sebelum 31 Desember 2024,” kata Pujo Pramono, Selasa (15/6/2021).

Ia menambahkan, satelit HTS akan ditempatkan di slot orbit 113 bujur timur dengan spektrum C-Band & Ku-Band. Saat ini proyek pembuatan satelit tersebut masih dalam tahap awal pengadaan. Telkom belum dapat memastikan tempat pembuatan dan peluncuran satelit HTS, termasuk perihal pendanaan.

“Nilai final perkiraan belanja modal belum dapat dipastikan. Sumber pendanaan direncanakan dari internal atau eksternal Telkom Group,” kata Pujo.

Sekadar informasi, Telkom memperoleh orbit satelit tambahan di 113 bujur timur pada Januari 2021. Sudah 5 bulan pengadaan satelit HTS tahap awal dibahas di internal Telkom. Telkom memperoleh orbit tersebut setelah PT Indosat Tbk. (ISAT) menyatakan tidak akan melanjutkan investasi di satelit.

Awalnya, Indosat ingin menggantikan Satelit Palapa D yang habis masa orbitnya pada 2022, dengan Satelit Nusantara 2. Sayangnya, Satelit Nusantara 2 gagal mengorbit karena meledak di angkasa.

Pujo mengatakan satelit HTS Telkom nantinya akan membantu pemenuhan kebutuhan layanan data masyarakat Indonesia, khususnya di daerah dengan infrastruktur telekomunikasi yang belum optimal.

“Hingga saat ini proses masih berjalan sesuai timeline dan belum ada kendala yang signifikan. Semoga kedepannya dapat terus terlaksana sesuai rencana,” kata Pujo.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below