Tahun Ini, FIFGROUP Pasang 86,4 KWP Solar Panel

JAKARTA, 1kata.com – Untuk mendukung komitmen operasional bisnis yang lebih ramah lingkungan, tahun 2022 ini PT Federal International Finance (FIFGROUP) telah memasang total tujuh solar panel.

Pada Jumat (20/5/2022), FIFGROUP kembali melakukan pemasangan solar panel di dua cabang, yaitu Cabang Jakarta dan Padang. Sebelumnya, lima cabang sebelumnya di tahun 2022 dan satu cabang di 2019 dengan total 86,4 kWp.

Human Capital (HC), General Support (GS), and Corporate Communication (CorComm) Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengungkapkan, instalasi solar panel di Cabang Jakarta dan Padang menjadikan total solar panel terpasang dengan total kapasitas menjadi 86,4 kWp.

Menurut Esther, dengan pemasangan solar panel ini FIFGROUP ingin berkontribusi untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi faktor utama penyebab terjadinya perubahan iklim.

Mengacu kepada data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), rata-rata energi surya dari radiasi matahari yang bisa didapatkan di kedua wilayah, yakni Jakarta dan Sumatera Barat mencapai 2,56 – 4,15 kWh/m^2 yang berpotensi menghasilkan energi sekitar lebih dari 100 ribu gigawatt-peak (GWp).

Dengan potensi tersebut, pemasangan solar panel dipilih menjadi salah satu pembangkit listrik dengan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang dapat mengurangi biaya penggunaan listrik. Pemasangan solar panel yang dilakukan di Cabang Jakarta dan Padang dapat mengurangi biaya penggunaan listrik sebesar Rp1,6 – Rp2 juta per bulan.

Hal ini dikarenakan, solar panel yang dipasang menggunakan sistem on-grid. Melalui sistem tersebut, panel surya terhubung dengan jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Daya berlebih yang dihasilkan oleh panel surya akan dikirim menuju jaringan untuk selanjutnya menjadi pengurang biaya tagihan listrik.

Sumber: ithe
Editor: m.hasyim
Foto: fifgroup

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below