Pingin Sukses Usaha Kopi Kedai, Ini 6 Kunci Sukses dari Kemenkop dan UKM

JAKARTA, 1kata.com – Anda pingin sukses membuka usaha kopi kedai? Ada enam kunci sukses bagi para pelaku UKM dalam mengelola bisnis kedai kopi.

Yaitu, produk inovatif dan rasa sesuai dengan lidah konsumen, harga yang kompetitif, tempat yang nyaman dan lokasi strategis, promosi yang tepat dan inovatif, serta inovasi dalam penjualan dan distribusi dengan menggunakan platform ride hailing.

Hal itu dipaparkan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, saat mewakili Menteri Koperasi dan UKM, pada acara Indonesia Coffee Event (ICE) 2020 yang diselenggarakan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) di gedung Smesco, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Untuk itu, lanjut Victoria, pihaknya memiliki program dalam mendorong pengembangan bisnis kedai kopi yang dijalankan koperasi dan UKM.

Di antaranya, fasilitas skim untuk wirausaha pemula, fasilitasi sertifikasi produk antara lain Merk, Halal, Hak Cipta, HACCP dan ISO, serta pendampingan usaha dan kelembagaan melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM.

“Termasuk program pelatihan vocational dalam meningkatkan keterampilan,” tandas Victoria.

Bagi Victoria, ICE 2020 tidak hanya sebagai ajang kompetisi tingkat nasional, namun juga menampilkan pameran produk kopi, sarana pendukung usahanya dan bertemunya para pelaku usaha untuk menjalin kemitraan.

“Saya berharap, ajang ini dapat memotivasi koperasi dan UKM untuk terus meningkatkan kreativitas dan mengembangkan usahanya,” kata Victoria.

Apalagi, lanjut Victoria, minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup bagi generasi millennial dan bukan sekedar minuman penghilang rasa kantuk.

Sumber: itte tolly
Editor: mbelung
Foto: 1kata.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below