Nataru, BNI Hanya Siapkan Uang Tunai Rp 14,5 Triliun

Posted by: Tags: Reply

JAKARTA, 1kata.com – Direktur PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ronny Venir mengungkapkan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini pihaknya hanya menyiapkan uang tunai sebesar Rp 14,5 triliun.

Bila dibandingkan dengan libur Nataru tahun 2019, jumlah uang tunai tersebut turun sekitar Rp 2 triliun.

Menurutnya, penurunan itu salah satunya disebabkan adanya perubahan transaksi nasabah di masa pandemi Covid-19 yang beralih ke transaksi non tunai atau e-channel.

“Penurunan ini karena adanya tren shifting transaksi nasabah,” ujarnya, Kamis (17/12/2020).

Dia juga menjelaskan, dari total dana tunai sebesar Rp 14,5 triliun sekitar Rp 8,6 triliun bakal dialokasikan untuk kebutuhan pengisian di mesin ATM atau CRM perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Secara geografis sebesar Rp 2,5 triliun atau 17% dari total uang tunai dialokasikan untuk kebutuhan uang tunai nasabah di Jabodetabek,” sambungnya.

Adapun, persiapan uang tunai Rp 14,5 triliun itu dinilai perseroan cukup untuk memenuhi kebutuhan nasabah Bank BNI selama satu minggu pada akhir tahun 2020 hingga 3 Januari 2021 mendatang.

Bukan uang tunai saja yang disiapkan, untuk mengantisipasi momen Nataru, BNI juga tetap memberikan pelayanan operasional secara terbatas. Terkhusus untuk PT Pertamina pada tanggal 24-25 Desember 2020 di 24 outlet yang ditetapkan perseroan.

Sementara untuk tanggal 31 Desember 2020, Bank BNI juga tetap membuka operasional kantor cabang secara terbatas. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan nasabah di akhir tahun.

Adapun, untuk seluruh layanan e-channel perseroan seperti ATM dipastikan tetap beroperasi secara maksimal. Termasuk layanan nasabah secara digital.

Sumber: CR-01
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below