Rp400 Miliar Capex Manunggal Property

JAKARTA, 1kata.com – PT Mega Manunggal Property Tbk (MMLP), perusahaan pengembang dan penyedia fasilitas logistik, menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp400 miliar pada tahun ini.

Sumber capex berasal dari dana hasil penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) sebesar Rp1 triliun.

“Capex Rp900 miliar, tapi tidak semua tahun ini. Bertahap. Tahun ini Rp400 miliar,” kata Direktur Utama Mega Manunggal Property Fernandus Chamsidi, di Jakarta, Sabtu (13/6/2015).

Dana capex tersebut digunakan untuk akuisisi lahan seluas 50-60 hektare (ha). Selain itu, juga dialokasikan untuk membangun gudang logistik. Menurut dia, membangun gudang logistik memerlukan waktu sekitar 1-1,5 tahun, sehingga tidak semua dana tersebut diserap tahun ini.

“Tahun ini tersisa enam bulan, tidak akan habis semua (Rp900 miliar). Bangun gudang logistik agak lama 8-18 bulan, tergantung progress,” katanya.

Ia menambahkan bahwa perseroan akan mengakuisisi lahan seluas 60 hektare sepanjang tahun ini. Lahan yang diincar perusahaan berada di wilayah Jakarta dan sekitar-nya, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Rencana jangka pendek memang untuk Jakarta, tidak menutup kemungkinan ke wilayah Jawa Timur. Untuk Kalimantan dan Sulawesi untuk jangka panjang,” katanya.

Direktur Penilaian Per-usahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hoesen, mengungkapkan, MMLP resmi mencatatkan sahamnya di papan perdagangan BEI sebagai emiten keenam pada 2015.

“MMLP menjadi emiten ke enam yang mencatatkan sahamnya pada tahun ini, sehingga jumlah total perusahaan tercatat di BEI seba-nyak 511 emiten,” katanya.

Semakin banyaknya per-usahaan yang melepas sahamnya ke publik menandakan pasar saham Indonesia semakin beragam sehingga pilihan investasi di pasar modal semakin beragam.

“Setelah dicatatkan saham MMLP ini, diharapkan dapat memegang teguh akuntabilitas berkelanjutan yang baik terutama dalam penerapan tata kelola per-usahaan atau good corporate governance (GCG),” ucapnya.

Sumber: CR-02 || editor: m. hasyim

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below