Kantor Cabang FIFGROUP Cikarang Kini Gunakan Solar Panel

CIKARANG, 1kata.com – FIFGROUP, anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, hari ini melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan meresmikan pemasangan solar panel ke-20 di Kantor FIFGROUP Cabang Cikarang.

Pemasangan panel surya berkapasitas 10,8 KwP ini merupakan langkah penting dalam upaya FIFGROUP untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan transisi menuju energi ramah lingkungan.

FIFGROUP menargetkan penambahan instalasi solar panel di 12 titik cabang, dan hari ini menjadi yang ke-2 di tahun 2024, setelah sebelumnya sudah dilakukan pada awal April 2024 berlokasi di FIFGROUP Cabang Serang.

Menurut rencana, implementasi project pemasangan solar panel FIFGROUP 2024 selanjutnya akan dilakukan di cabang Palu, Pontianak 1, Surabaya 1, Palangkaraya, Lampung, Sorong, Pangkal Pinang, Batam 1, Jatiuwung, dan Pondok Gede.

Kegiatan ini menyusul pemasangan instalasi solar panel di sepuluh kantor cabang pada tahun 2023, tujuh cabang sebelumnya pada 2022 dan satu cabang pada 2019. Sehingga total sampai dengan 26 April 2024, sudah 20 solar panel yang telah diresmikan oleh FIFGROUP yang tersebar di Indonesia.

Hadir dalam peresmian kali ini, Operation Director FIFGROUP, Setia Budi Tarigan beserta Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati.

Dalam sambutannya, Esther Sri Harjati menyampaikan harapannya kepada seluruh jajaran manajemen FIFGROUP Cikarang untuk berperan aktif dalam menjaga dan merawat keberadaan solar panel tersebut.

“Mari seluruh karyawan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya aksi keberlanjutan, dengan salah satu fokusnya adalah pengurangan jejak karbon.Tindakan nyata dimulai dari diri sendiri, seperti menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan,” ungkap Esther lebih lanjut.

Dukungan terhadap program keberlanjutan perusahaan

Cikarang menjadi salah satu yang terpilih untuk dilakukan instalasi solar panel karena tingkat sinar matahari yang tinggi di daerah tersebut.

Kondisi intensitas irradiasi matahari Cikarang tercatat sebesar 1.702,9 KWh/m2, sesuai dengan data dari Global Horizontal Irradiation (GHI) yang memiliki intenstitas irradiasi tertinggi berada di wilayah Indonesia bagian Selatan (kisaran 1.600 KWh/m2 sampai dengan 2.000 KWh/m2).

Di 2023, FIFGROUP telah melakukan 10 instalasi solar panel yang berlokasi di Cabang Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, Karawang, dan Balikpapan. Pada tahun 2024 ini, perseroan berkomitmen untuk melakukan pemasangan instalasi solar panel sebanyak 12 titik lokasi kantor cabang.

“Pemasangan solar panel ini juga seirama dengan misi FIFGROUP dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG).

Oleh karenanya, di mana setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi GRK agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” lanjut Esther.

Penulis: ithe
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below