Investor Kesulitan dapat Kredit dari Bank

JAKARTA, 1kata.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan investor dalam negeri mengaku kesulitan mendapatkan kredit dari perbankan.

“Perbankan telah menyetujui pengajuan kredit pengusaha, tapi dana yang dijanjikan tak kunjung cair. Jadi disetujui oleh bank tapi (dananya) ditahan,” kata Bahlil dalam video conference, Rabu (22/7/2020).

Oleh karena itu, BKPM akan meminta ke perbankan untuk segera mencairkan kredit yang sudah dijanjikan kepada investor. Hal ini agar investor bisa segera merealisasikan investasinya di dalam negeri.

“Karena kalau tidak begitu ekonomi akan melambat,” katanya.

Sebagai informasi, BKPM mencatat realisasi investasi yang masuk ke Indonesia sebesar Rp402,6 triliun pada semester I 2020. Realisasi yang terjadi di tengah penyebaran virus corona itu mencapai 49,3 persen dari target investasi tahun ini yang sebesar Rp817,2 triliun.

Realisasi investasi pada semester I 2020 naik tipis 1,8 persen dibandingkan dengan posisi semester I 2019 yang sebesar Rp395,6 triliun.

Jika dirinci, investasi ini terdiri dari PMDN sebesar Rp207 triliun atau 51.4 persen dari target dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp195,6 triliun atau 48,6 persen dari target. Realisasi PMDN naik 13,2 persen, sedangkan PMA turun 8,1 persen.

Sumber: CR-07
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below