Di Banda Aceh, AMITRA Gelar Pameran Literasi dan Inklusi Pembiayaan Syariah

JAKARTA, 1kata.com – Brand Unit Usaha Syariah (UUS) PT Federal International Finance (FIF), AMITRA, menggelar kegiatan pameran sebagai ajang literasi dan inklusi pembiayaan syariah untuk masyarakat Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darusallam (NAD).

Menurut Direktur Human Capital (HC), General Support (GS), and Corporate Communication (CorComm)PT FIF, Sri Harjati, pameran bertema “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan” ini digelar mulai tanggal 24 hingga 31 Maret 2022.

“Peresmian ini sebagai bentuk dukungan AMITRA untuk memberikan literasi dan inklusi pembiayaan syariah yang juga menjadi ajang memperkenalkan branding AMITRA sebagai Unit Usaha Syariah (UUS) FIFGROUP sekaligus kegitan menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah di wilayah NAD,” ujar Sri Harjati saat pembukaan acara di Kantor AMITRA Cabang Banda Aceh, Kamis (24/3/2022).

AMITRA merupakan unit usaha syariah FIFGROUP yang seluruh operasional pembiayaannya dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Aceh (DSA).

Harapanya, acara pameran ini bisa memberikan edukasi literasi pembiayan syariah bagi masyarakat Aceh.

“Melalui peresmian ini juga kami harapkan seluruh masyarakat mendapatkan edukasi mengenai literasi dan inklusi pembiayaan syariah yang sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah NAD atas kebijakan penerapan Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah,” kata Sri Harjati.

Kasubbag Edukasi dan Perlindungan Konsumen, OJK Moishe Sofian mengapresiasi dan mendukung ajang pameran untuk literasi dan inklusi keuangan pembiayaan syariah yang digelar AMITRA.

“Kami sangat mendukung hadirnya kegiatan pameran “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan” dan transformasi bisnis FIFGROUP menggunakan brand AMITRA. Hal ini dikarenakan kegiatan ini align dengan tujuan OJK yang juga terus mendorong literasi dan inklusi masyarakat Aceh mengenai ekonomi syariah khususnya tentang pembiayaan syariah,” kata Moishe.

Lebih lanjut, kata Moishe, Aceh menjadi wilayah dengan tingkat inklusi ekonomi syariah sebesar 86% melebihi tingkat inklusi nasional yang hanya mencapai kurang lebih 70%. Secara literasi, walaupun tetap menjadi yang tertinggi di nasional, tingkat literasi yang dicapai hanya 44%.

“Untuk itu kami sangat mendorong penuh dengan inisiatif baik AMITRA dalam melaksanakan kegiatan ini. Apalagi, ungkap Moishe, “Saya juga dengar kemarin AMITRA melakukan literasi keuangan ke sekitar 30-an pimpinan media di Aceh tentang pembiayaan syariah beserta produk-produknya AMITRA,” jelasnya.

Senada dengan OJK, Ketua DSA, Dr. Zaky Fuad Chalil juga memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan pameran “Gebyar AMITRA Menyambut Ramadhan”.

“Keputusan pemerintah daerah sudah final bahwa seluruh jasa keuangan harus bertransformasi menggunakan prinsip syariah, FIFGROUP merespon baik hal tersebut dengan menggunakan branding AMITRA pada operasionalnya. Tentunya kami sangat mendukung AMITRA untuk bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi syariah di Aceh,” tutur Zaky.

Sumber: ithe
Editor: m.hasyim
Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below