Dengan Dana Bergulir, KSP Mitra Usaha Mandiri Tingkatkan Produktivitas Petani Tebu

JAKARTA, 1kata.com – Dengan bantuan dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), kini Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Usaha Mandiri bisa meningkatkan produktivitas petani tebu di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Koperasi yang diketuai Saptadi dan beralamat di Jalan Kamardikan Desa Sidomekar, Semboro, Kabupaten Jember, ini kini memiliki satu kantor pusat dengan 13 orang karyawan.

Menurut Saptadi, koperasi yang ia pimpin kini memiliki 723 orang anggota dan mencatatkan total asset per 2022 sebesar Rp224,95 miliar.

Mayoritas anggota KSP Mitra Usaha Mandiri, lanjutnya, adalah petani tebu yang berdomisili di wilayah lokasi Pabrik Gula (PG) Semboro Kabupaten Jember.

Baca juga:

Tingginya permintaan anggota akan perkuatan modal usaha dengan bunga rendah, mendorong koperasi untuk mengajukan pinjaman ke LPDB-KUMKM.

“Saat ini koperasi bekerja sama dengan PG Semboro atau PT. Perkebunan Nusantara/PTPN XI yang melayani dan mendukung usaha anggota,” katanya.

Koperasi yang berdiri tahun 2005 ini telah empat kali mendapatkan fasilitas pinjaman dari LPDB-KUMKM.

Pinjaman pertama didapatkan pada tahun 2010 sebesar Rp2 miliar, kemudian pinjaman kedua tahun 2012 sebesar Rp2 miliar melalui pencairan bertahap, dan pinjaman ketiga tahun 2014 sebesar Rp4,5 miliar melalui pencairan bertahap.

Ketiga pinjaman tersebut kini telah berstatus lunas. Terakhir, KSP Mitra Usaha Mandiri mendapatkan pinjaman keempat pada November 2022 sebesar Rp25 miliar dan hingga kini status pembayaran berkategori lancar.

Sumber: joko
Editor: m.hasyim
Foto: Humas LPDB-KUMKM

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below